Memahami Strategi Pemasaran Demi Memaksimalkan Bisnis

Jika ingin menawarkan sebuah usaha, menawarkan jasa atau produk menjadi salah satu cara agar diminati konsumen dan menjadi kunci sukses. Jika kualitas jasa atau produk memang baik, maka bisa dipastikan bisnis bisa berjalan lancar dan bisa menghasilkan keuntungan besar. Meski begitu, bisnis seperti menjual jasa atau produk biasanya tidak menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Ada bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal dalam bisnis seperti itu maka penting untuk mengetahui
strategi pemasaran. Dengan mengetahui strategi pemasaran maka akan sangat mungkin bisnis bisa berjalan lancar dan menghasilkan keuntungan maksimal. Langsung saja, berikut ini beberapa hal mengenai strategi pemasaran.

Pengertian

Secara umum, strategi pemasaran adalah usaha yang dilakukan dalam mengenalkan atau memasarkan jasa atau produk ke masyarakat dengan menggunakan taktik dan rencana yang matang. Dengan begitu, tujuan dari strategi tersebut adalah meningkatkan jumlah penjualan.

Strategi pemasaran juga memiliki arti sebagai sebuah rentetan usaha yang dilakukan oleh perusahaan agar bisa mencapai tujuan. Strategi pemasaran tersebut memiliki peran penting untuk meningkatkan nilai ekonomi dari perusahaan.

Ada 3 faktor yang begitu menentukan harga jual, yaitu produk, pemasaran, dan konsumsi. Dari ketiga faktor tersebut, pemasaran akan menghubungkan produksi dan konsumsi.

Sedangkan menurut para ahli, ada beberapa penjelasan mengenai strategi pemasaran. Pertama, menurut Kotler dan Armstrong adalah logika pemasaran dari pelaku bisnis yang dimaksudkan agar bisa mendapat nilai dan keuntungan dari hubungan dengan konsumen yang dijaga.

Sedangkan Kurtz mengartikan sebagai sebuah program dari perusahaan dengan menentukan target pasar dan memberikan rasa puas bagi para konsumen. Rasa puas tersebut bisa didapat dari beberapa elemen marketing mix yang dibangun, yaitu produk, promosi, distribusi, dan harga.

Masih ada begitu banyak pengertian yang dikemukakan oleh para ahli mengenai strategi pemasaran. Namun intinya masih tetap sama agar pelaku usaha bisa memaksimalkan bisnis yang dijalaninya.

Fungsi Strategi Pemasaran

Berikut ini merupakan beberapa fungsi dari strategi pemasaran.

  1. Meningkatkan motivasi dalam menentukan masa depan bisnis yang dijalankan.
  2. Menjadi pedoman atau mengarahkan jalannya sebuah bisnis.
  3. Membantu dalam meraih tujuan untuk jangka waktu pendek atau panjang.
  4. Memberikan standar penilaian mengenai prestasi kerja para anggota.

Tujuan Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran juga memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kualitas tim pemasaran dari koordinasi setiap individu di dalamnya.
  2. Menjadi tolak ukur hasil pemasaran yang diukur berdasarkan standar prestasi yang sebelumnya sudah ditentukan.
  3. Menjadi dasar pemikiran saat hendak mengambil keputusan marketing atau pemasaran.
  4. Menjadi kegiatan yang bisa mengembangkan kemampuan bisnis agar bisa beradaptasi.

Strategi Pemasaran Di Era Digital

Dengan berkembangnya teknologi, strategi bisnis sekarang ini menjadi lebih mudah untuk dilakukan, dan jika bisa memanfaatkan teknologi dengan baik maka sangat mungkin mendapatkan keuntungan yang maksimal dan bisa mengembangkan bisnis jadi lebih baik.

Salah satu cara strategi pemasaran dengan teknologi di era digital ini adalah dengan menggunakan email marketing. Bisa juga dengan memanfaatkan mobile marketing yang jauh lebih praktis, yaitu seperti memanfaatkan sosial media yang sekarang ini ramai digunakan. Dengan memanfaatkan teknologi maka sangat memungkinkan bisnis jadi lebih berkembang.

Sebagai Roda Bisnis

Strategi pemasaran sangatlah penting dalam mengembangkan sebuah bisnis. Jika bisnis yang tengah dijalani bisa berkembang dan berjalan dengan baik, pahami berbagai hal mengenai strategi pemasaran. Selain itu, teruslah belajar agar bisa menerapkan strategi pemasaran yang cocok.

Share