Cek Jenis Asuransi Mobil yang Tepat Sebelum Mendaftarkan Diri

Jenis Asuransi Mobil

Jenis Asuransi Mobil – Mobil adalah salah satu alat transportasi yang juga menunjukkan status sosial seseorang. Sebab, mobil memiliki harga yang cukup tinggi. Bahkan, hingga ratusan juta atau miliaran rupiah. Memiliki mobil tidak terlepas dari risiko-risikonya. Untuk itu, banyak yang memilih berbagai jenis asuransi mobil untuk memproteksinya dari berbagai kerusakan.

Meski begitu, jangan sampai salah memilih jenis asuransi mobil. Pasalnya, setiap jenis memiliki perlindungan yang berbeda-beda. Pastikan Anda memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Asuransi Mobil All Risk

Asuransi all risk kerap disebut dengan komprehensif. Yang mana jenis asuransi mobil yang satu ini dapat menjamin semua risiko buruk pada mobil Anda. Sehingga, kerusakan ringan seperti lecet pun dapat diatas.

Membeli premi asuransi all risk biayanya cukup mahal. Akan tetapi, bukan suatu masalah karena asuransi akan menjamin perlindungan secara lengkap. Asuransi ini direkomendasikan untuk para pemilik mobil baru.

Asuransi Total Loss Only (TLO)

Asuransi TLO memberi jaminan untuk klaim kehilangan mobil atau kerusakan hingga mencapai  75%. Apabila kerusakan tidak dapat diperbaiki maupun kehilangan dengan bukti insiden yang valid serta dapat dipertanggungjawabkan, maka syarat bisa diajukan pada penyedia asuransi.

Biaya premi asuransi ini lebih rendah ketimbang asuransi all risk. Anda dapat melihat data tarif preminya melalui surat edaran OJK no. 6/SEOJK.05/2017 berdasar pada jenis dan harga kendaraan.

Asuransi Collision Coverage

Produk asuransi yang satu ini khusus membiayai kecelakaan mobil yang diakibatkan tertabrak oleh pemilik mobil. Asuransi ini akan membiayai kerusakan mobil atau memberi ganti rugi sesuai dengan harga mobil.

Dengan kata lain, asuransi ini akan menjamin pengganti biaya akibat kecelakaan yang disebabkan oleh diri sendiri.

Liability Insurance

Liability Insurance memberi layanan klain berdasar pada kasus yang tidak berbeda dengan Collision Coverage. Perbedaan terletak pada adanya jaminan tambahan seperti tagihan medis dari cedera yang dialami oleh pengemudi untuk liability insurance.

Personal Injury Protection

Untuk asuransi yang satu ini akan memberi perlindungan untuk pengemudi yang mengalami kecelakaan pada diri sendiri ketika mengendarai mobil. Asuransi ini juga memberi biaya tambahan untuk kompensasi baik bagi pengemudi atau penumpangnya.

Pastikan Anda memilih jenis asuransi yang tepat, sehingga tidak memberatkan ketika membayar preminya setiap tahun.

Share Button