7 Cara Mengembangkan Usaha Menjadi Besar

Setiap bisnis yang sekarang ini sudah memiliki nama besar pasti pernah merasakan menjadi sebuah bisnis kecil atau dimulai dari nol. Semua itu adalah bukti dari perjuangan, kerja keras, dan inovasi yang dilakukan sehingga mampu memberikan apa yang diinginkan oleh masyarakat.

Jika Anda tengah merintis bisnis kecil, jangan pernah ragu untuk bermimpi bisnis tersebut akan jadi besar. Agar bisa menaikkan level bisnis yang tengah dijalani sebenarnya tidak selalu menambah modal. Anda bisa melakukan berbagai cara agar bisnis bisa berkembang dan tetap bisa dipertahankan dengan target dan tujuan yang terus tercapai. Jangan lupa untuk selalu berinovasi agar tidak tertinggal oleh perkembangan jaman yang semakin pesat.

Ada 7 cara yang sebenarnya bisa Anda lakukan agar bisnis Anda bisa berkembang. Jika Anda tertarik, langsung saja lihat di bawah ini.

Diversifikasi

Jika Anda menawarkan produk dalam bisnis Anda, jangan lupa untuk melakukan diversifikasi. Jadi produk yang Anda jual tidak hanya satu jenis saja. Bisnis Anda bisa saja berkembang jika produk yang ada di dalamnya lebih variatif.

Contoh diversifikasi, jika Anda membuka bisnis jual baju renang. Agar lebih banyak konsumen yang tertarik, Anda bisa coba menawarkan produk baju renang khusus muslimah atau bisa juga baju renang anak-anak. Jadi nantinya bisnis Anda tidak akan monoton dan bisa menjangkau banyak kalangan. Jelas cara ini bisa membuat bisnis Anda jadi berkembang.

Toko Online

Di era digital ini banyak hal yang ditawarkan secara online. Toko konvensional pun kini sudah beralih berjualan online sehingga tidak ditinggal pembeli. Hal ini juga menandakan bahwa bisnis yang tidak bisa mengikuti perubahan jaman tidak akan bertahan lama. Begitu juga bisnis yang Anda jalankan.

Konsumen yang sekarang ini didominasi kaum milenial jelas tidak ingin repot dalam berbagai hal, begitu juga berbelanja. Jika Anda ingin menambah pelanggan, beri kemudahan dengan menawarkan produk secara online dan layanan lain yang bisa diakses secara online juga.

Menerima Setiap Masukan

Jika Anda membuka sebuah bisnis, selalu dengarkan kritik dan sarang dari para pelanggan. Dengan begitu Anda akan tahu apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh mereka. Anda juga bisa tahu kebutuhan pelanggan yang mungkin belum Anda miliki. Jadi selalu dengarkan apa yang diinginkan oleh konsumen agar bisnis terus berkembang.

Mencoba Ekspor

Jika bisnis Anda sudah memiliki kualitas dan kuantitas produk yang konsisten, begitu juga dengan nama yang sudah begitu dikenal, tidak ada salahnya untuk mencoba mengekspor ke luar negeri. Cari tahu apakah ada peluang di negara tertentu. Anda juga harus mencari cara agar produk Anda bisa diterima oleh pasar luar negeri. Jika produk Anda tersebut bisa diterima di pasar luar negeri, maka itu jadi pertanda bahwa bisnis Anda sudah berkembang pesat.

Melisensi Produk

Banyak konsumen yang menginginkan barang dan jasa yang sudah mendapatkan izin edar secara resmi dan juga keasliannya terjamin. Karena itu, penting bagi Anda untuk mendapatkan lisensi dari otoritas terkait. Seperti contoh pada produk makanan maka Anda harus mendapatkan sertifikat dari BPOM atau Dinas Kesehatan, dan juga MUI sebagai label halal. Dengan begitu, konsumen tidak akan ragu dengan produk Anda.

Menerapkan Konsep Franchise

Jika bisnis sudah sangat berkembang, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah membuatnya lebih besar lagi dengan menerapkan sistem franchise atau waralaba. Dengan cara tersebut maka produk yang dihasilkan bisa tersebar di berbagai tempat. Hal tersebut tidak hanya meningkatkan brand awareness, tapi juga pendapatan yang dihasilkan.

White Label

White Label merupakan model penjualan dimana sebuah produk diproduksi, kemudian dijual dengan nama sesuai dengan mitra. Contohnya pada produk makanan ringan. Distributor akan mengambil produk dari Anda dan dijual lagi dengan nama brand yang sudah distributor tentukan.

Cara tersebut bagus jika mitra Anda tersebut sudah memiliki nama. Dengan begitu, tingkat pemesanan akan bertambah atau bisa stabil.

Itulah 7 cara dalam mengembangkan bisnis Anda. Semoga bisa bermanfaat dan bisa jadi masukan untuk bisnis yang tengah Anda jalankan.

Share